Aneka Bahan Tas kertas Atau Paperbag


Tas kertas / paperbag adalah tas yang terbuat dari ketrtas yang befungsi untuk membawa suatu barang dengan cara dijinjing dengan tali atau hanya sekedar berfungsi untuk pembungkus / kemasan seperti foodgeade di rumah makan atau cafe.


Taskertas/paperbag adalah produk ramah lingkungan yang biasa dipakai untuk mengemas barang jualan, wadah souvenir pernikahan, tempat brosur di acara acara semiar, tempat snack atau makanan dsi acara hajatan keluarga dan kantor, dll. Tas kertas dipandang lebih aman bagi lingkungan serta lebih prestise dibanding plastik.
Ada berbagai macam jenis kertas yang dipakai untuk pembuatan tas kertas diantaranya kertas kraft, samson, kertas BC, kertas HVs, kertas art paper, Ivori, dan kertas foodgrade. Tiap tiap kertas itu memiliki gramasi ketebalan yang berbeda beda tergantung fungsi dan keinginan si pembuat.
Dibawah ini akan kami sebutkan jenis kertas dari urutan yang paling ekonomis namun tetap menarik sampai kertas yang lebih mahal harganya.


Kertas Kraft medium
Yang termasuk dalam jenis kertas ini adalah kertas kraft medium memiliki gramasi 100 – 150 gsm. Namun sebaiknya gunakan gramasi 125 minimal atau lebih baik yang gramasinya 150 gsm. Kertasnya berwarna kream depan belakang sama warna. Kelemahannya menyerap tinta banyak, pori pori kertas lebar. Kadang percetakan tidak mau necetak dikarenakan mengotori blengket. Cara mendapatkan kertas ini hanya ada di toko kertas tertentu atau beli ditempat orang yang memproduksi tas kertas.


Kertas Kraft Liner
Kertas kraft Liner ada yang berwarna Coklat muda dan ada yang berwarna putih gramasinya yang kertas kraft coklat 125 gsm, 150 gsm, 175, 200, dan 275 gsm. Sedangkan kraft white (berwarna putih) ada gramasi 150 gsm dan 200 gsm. Untuk pembuatan taskertas biasanya dipakai semua gramatur itu tergantung kebutuhannya. Kelamahan dari kertas jenis kraft adalah tidak bisa dilaminasi baik itu kertas kraft liner maupun kertas kraft medium. Kalaupun dipaksakan hasilnya kurang maksimal dan lemnya boros. Cara mendapatkan kertas ini hanya ada di toko kertas tertentu atau beli ditempat orang yang memproduksi tas kertas.


Kertas HVS
Kertas ini biasa dipakai untuk bahan kertas foto copy, nota, bahan untuk buku dll. Tapi bisa dipakai untuk paperbag ukuran kecil biasanya untuk tempat snack kecil seperti jamur krispy, tela tela dll. Untuk paperbag yang lebih besar tidak bagus dan tidak kuat apalagi dijinjing. Ketebalan kertas paling tebal hanya 80 gsm.


Kertas Art Paper
Kertas ini karakternya halus agak kilap warna putih. Gramaturnya 80 gsm, 90 gsm, 100 gsm, 120 gsm, 150 gsm. Adalah kertas yang biasa dipakai untuk bahan kalender. Kalau untuyk taskertas sebaiknya menggunakan gramatur 120 atau lebih baik gramatur 150 gsm. Bisa dilaminasi baik glossy maupun doff. Ukuran kertas yang disediakan di toko ketas biasanya adalah ukuran 109 x 79 dan 65 x 100 cm.


Kertas Ivory / art Carton
Kertas Ini biasa disebut dengan art carton atau kertas ivori. Hampir sama dengan art paper karakternya gilap dan halus. Hanya gramaturnya yang paling kecil 190 gsm dan yang tebal 310 gsm. Untuk paperbag gramatur 190 sampai 260 sudah cukup. Bila di pond dulu sebelum dilipat akan lebih baik dan rapi hasilnya.

Kertas Duplex
Memiliki Gramatur paling tipis adalah 250 gsm. Karakter kertasnya putih satu sisi sedang sisi lainnya berwarna kream atau abu muda. Sebenarnya lebih cocok untuk bahan box. Kalau untuk paperbag nanggung lebih baik memakai art carton. Bisa dilaminasi juga. Harga lebih murah dibandiung art carton. Memaksa memakai kertas ini sebaiknya dipond agar rapi hasinya lebih lebih bila di laminasi harus dipond karena kaku dan susah ditekuk. Agar Rapi hasilnya.

Posted by Art Strawberry