FOOD BAG ATAU FOOD GRADE

Mempunyai bisnis kuliner tentulah sebuah pilihan bagus, mengingat semua orang membutuhkan makanan dan minuman setiap hari. Apalagi di tengah serbuan penganan khas dari negara lain yang ikut membanjiri kuliner nusantara. Di setiap sudut kota bertebaran berbagai macam makanan khas Jepang, Korea, Amerika dan lain-lain. Karena itu dituntut kreatifitas yang luar biasa dari para pebisnis kuliner untuk menciptakan jenis-jenis makanan baru yang bisa bersaing dengan makanan jiplakan dari negara-negara lain. Dan sudah seharusnya bisa demikian, karena Indonesia begitu kaya akan bahan baku yang terkadang tak ada di negara lain.
Selain banyaknya jenis-jenis makanan yang dijajakan di luar, tantangan selanjutnya bagi para pebisnis kuliner adalah bagaimana membuat konsep agar makanan yang diciptakan bisa menampilkan image makanan yang enak dan sehat. Enak dikarenakan bahan baku yang dipakai masih segar atau bergizi dan sehat karena tanpa pengawet dan menggunakan kemasan yang sehat.


Makanan yang sehat bisa menjadi tidak sehat dikarenakan penggunaan kemasan yang tidak pada tempatnya. Paperbag atau kantong kertas bisa menjadi salah satu pilihan kemasan. Akan tetapi para pebisnis kuliner harus bisa membedakan antara kemasan foodbag dengan foodgrade.
Sekilas dua paperbag itu terlihat sama, namun berbeda dalam jenis kertas dan kegunaannya. Perbedaannya adalah kantong foodbag terbuat dari kertas kraft 125gsm yang bisa dipergunakan untuk membungkus barang-barang kecil seperti: karet rambut, gelang, anting, bros dan semacamnya, tetapi juga bisa digunakan untuk membungkus makanan yang masih berkulit seperti: kacang, kuaci, dll.


Sedangkan kantong foodgrade terbuat dari kertas foodgrade 40-50gsm yang memang aman digunakan untuk membungkus makanan seperti: kentang goreng, sosis, nugget, tempura dll. Kantong foodgrade ini terdiri atas 2 warna coklat dan putih.
Nah, sekarang tinggal kebijaksaan pebisnis kuliner untuk memilih kantong/kemasan yang sesuai dengan produk makanan yang dijual, sehingga bisa menyajikan makanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas.
Maju terus pebisnis kuliner Indonesia !!!

posted by taskertas art strawberry